Rute Perjalanan Christopher Columbus dalam menemukan Amerika



Nama        :  Ruli Seftiana Aziza
Nim           :  06121004029
Tugas        : Sejarah Amerika

Rute Perjalanan Cristhoper Columbus

          Kristoforus Kolumbus (kadang ditulis Christopher Columbus) tercatat dalam sejarah sebagai seorang pelaut yang handal. Kolumbus pada masa hidupnya pernah mengungkapkan teori yang dianggap baru pada waktu itu, yaitu bahwa bumi bulat. Teori tersebut jelas bertentangan dengan kepercayaan pada masa itu, yang percaya bahwa bumi itu datar seperti piring atau seperti papan catur.
            Dia dilahirkan di Genoa, Italia tahun 1451. Setelah dewasa, dia menjadi nahkoda kapal dan navigator yang cekatan. Kolumbus dikenal sebagai seorang penjelajah dan pedagang. Pada masa itu, ada ekspedisi untuk mencari jalan dari Eropa menuju ke Timur. Kolumbus meyakini bahwa bukan mustahil menemukan jalan yang lebih praktis ke daerah Asia di Timur, yaitu dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudara Atlantik.
            Kolumbus sangat tekun untuk mewujudkan tekad tersebut. Niatnya sangan besar, tapi terkendala biaya tinggi.Untuk itu, Kolumbus gigih membunjuk Ratu Isabella I agar menyediakan dana untuk ekspedisi tersebut. Akhirnya kapal mereka melepas sauh di Pelabuhan Paulus Spanyol, pada 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di Kepulauan Canary, lepas pantai Afrika. Berlanjut tanggal 6 September dengan berlayar ke arah barat. Suatu pelayaran yang sangat panjang dan pemikiran apakah akan selamat.Sehingga tidaklah aneh jika banyak awak kapal yang merasa ngeri dan ingin balik saja.Tapi tidak dengan Kolumbus,dia tetap kukuh bahwa ekspedisi harus diteruskan.
            Maka bersama 120 pelaut lainnya, dengan menggunakan tiga kapal, setelah berlayar selama 30 hari, akhirnya bertemu dengan daratan yang mereka sangka India. Ternyata daratan yang dilabiho Kolumbus dan rombongannya adalah Kepulauan Salvador yang terletak di Benua Amerika.Tanpa disadarinya, Kolumbus telah menemukan benua baru, yaitu Benua Amerika. Walau banyak menyebut bahwa Kolumbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, karena ada beberapa teori lain, termasuk sudah dijelajahi bangsa Viking jauh sebelumnya.
            Christopher Columbus (1451-1506) adalah seorang penjelajah Italia yang berlayar melintasi Samudera Atlantik tahun 1492, berharap untuk menemukan rute ke India (dalam rangka perdagangan untuk rempah-rempah).Terdapat empat perjalanan ke Karibia dan Amerika Selatan selama tahun 1492-1504.

Perjalanan Pertama
            Pada perjalanan pertamanya, Columbus memimpin ekspedisi dengan tiga kapal, yaitu Nina (dikapteni oleh Vicente Pinzon Yáñez ), Pinta (dimiliki dan kapten oleh Martin Alonzo Pinzon )yang mana kedua kapal tersebut adalah kapal dengan ukuran yang kecil serta Santa Maria yaitu tipe kapal yang lebih besar (dikapteni oleh Columbus) dan sekitar 90 anggota awak Kapal-kapal itu panjangnya mencapai 15-36 meter.
            Mereka berlayar pada 3 Agustus 1492 dari Palos, Spanyol.Pada tanggal 11 Oktober 1492,mereka melihat pulau-pulau Karibia di tenggara Amerika Utara. Mereka mendarat di sebuah pulau yang mereka sebut Guanahani, tapi Columbus kemudian menamainya San Salvador. Mereka disambut oleh orang Indian Taino lokal, banyak di antaranya ditangkap oleh orang-orang Columbus dan kemudian dijual sebagai budak. Columbus mengira ia telah berhasil sampai ke Asia, dan sambil menjelajahi pulau-pulau di daerah tersebut serta mencari emas untuk dirampas, Columbus melakukan perjalanan ke pulau-pulau Hispaniola (kini dibagi menjadi Haiti dan Republik Dominika), Kuba, dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Pada perjalanan pulang,kapal yang dikapteni Columbus, Santa Maria rusak dan kapten kapal Pinta berlayar sendiri untuk mencoba menyaingi Columbus.Akhirnya Columbus kembali ke Spanyol di Nina, tiba pada 15 Maret 1493.

Perjalanan Kedua
            Pada ekspedisi kedua yang lebih besar (25 September 1493-11 Juni 1496), Columbus berlayar dengan 17 kapal dan 1.200 sampai 1.500 orang untuk menemukan emas dan menangkap Indian sebagai budak di Hindia. Columbus mendirikan pangkalan di Hispaniola dan berlayar di sekitar Hispaniola dan sepanjang selatan Kuba.Lalu dia juga melihat dan menamai pulau Dominika pada November 3, 1493.

Perjalanan Ketiga
            Pada ekspedisi ketiga (30 Mei 1498-Oktober 1500), Columbus berlayar lebih jauh ke selatan,yaitu ke Trinidad dan Venezuela (termasuk mulut Sungai Orinoco).Tercatat Columbus adalah orang Eropa pertama sejak Viking Leif Ericsson yang menginjakkan kaki di daratan Amerika.

Perjalanan Keempat
            Pada ekspedisi keempat dan terakhir (9 Mei 1502-7 Nov 1504), Columbus berlayar ke Meksiko, Honduras dan Panama (Amerika Tengah) dan Santiago (Jamaika).
Keburukan Sifat Cristopher Columbus


Ratu Elisabeth membatalkan biaya ekspedisi Columbus.
Sebab:
Columbus dilahirkan di Genoa, Itali, tahun 1451. Tatkala berangkat dewasa, dia menjadi nakhoda kapal dan seorang navigator yang cekatan. Akhirnya Colombus yakin bukan mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Tentu saja niat besar ini tidak bakal terlaksana tanpa biaya cukup. Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabella I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.

 Akhlak Colombus tidaklah sepenuhnya dikagumi. Dia terkenal kikir. Sifat inilah yang menyebabkan dia menghadapi kesulitan memperoleh tunjangan dana dari Ratu Isabella karena Colombus terlampau menampakkan keserakahannya tatkala melakukan tawar-menawar.Columbus  juga memperlakukan orang-orang Indian dengan kekejaman yang sangat.

Ratu Isabella menjanjikan Colombus jadi gubernur di pulau mana pun yang ditemuinya. Tetapi, selaku administrator dia betul-betul tidak becus sehingga dipecat dari jabatannya dan dikirim pulang ke Spanyol dengan tangan terbelenggu. Tetapi, sesampainya di Spanyol dia dibebaskan hanya saja tak pernah diberi jabatan lagi. Kabarnya mengatakan Colombus mati dalam kemiskinan tanpa ada dana apa pun. Tatkala kematiannya di tahun 1506,kabar lain lagi bahwa ada jugalah sedikit harta kekayaannya.


Sebutan Columbus "Suku Indian" yang salah terhadap orang-orang Amerika.

Suku Indian adalah pemukim pertama Amerika Utara datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu.Mereka ini pergi berburu dan hidupnya selalu berpindah-pindah, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah titik paling timur Benua Asia dan titik paling barat Benua Amerika). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku. Berabad-abad mereka membangun masyarakat teratur. Namun, setelah diadakan penelitian DNA lebih lanjut maka hipotesa asal muasal tadi menjadi kabur, karena pada DNA suku Indian yang diambil samplenya tidak terdapat tanda2 keturunan dari penduduk benua Asia .
            Pada abad ke-16, orang Eropa tiba di Amerika Utara untuk pertama kali yaitu Christopher Columbus yang mana biaya ekspedisi ini  sepenuhnya ditanggung oleh  oleh Ratu Isabella ke I . Karena mengira ia tiba di India (Asia),mereka secara keliru menyebut penduduk asli itu orang "Indian". Orang Eropa menginginkan tanah. Karena itu keberadaan penduduk asli terancam. Kaum Indian lalu bertempur melawan para pemukim baru. Pada abad ke-19, suku Indian melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka. Lewat perjuangan sengit, kaum Indian dipindahkan ke reservat, daerah khusus buat mereka. Hingga kini banyak orang Indian masih hidup di sana.
            Perlu diketahui pula Penduduk asli Amerika utara terdiri atas banyak suku. Mereka umumnya hidup dari berburu, memancing dan bertani. Suku-suku terkenal di antaranya adalah Cheyenne, Comanche, don Sioux yang hidup di Great Plains; Apache, Navajo, dan Pueblo, yang hidup di daerah baratdaya; dan Iroquois, Huron, dan Cherokee, yang hidup di daerah timur. Suku Sioux dan suku lain dari daerah Great Plains hidup di tepee (tenda) yang terbuat dari kulit bison yang diregangkan pada kerangka kayu yang mudah dipasang. Kepala suku Indian terakhir yang memimpin perlawanan terhadap "orang kulit putih" adalah Geronimo (1829-1909) dari suku Chiricahua Apache. Ia memimpin serangan dari negara bagian baratdaya hingga ke Meksiko. Akhirnya ia tertangkap dan diasingkan ke Florida. Lalu ia dibebaskan dan menjadi seorang tokoh nasional yang termasyur.
Reservat modern
Satu setengah juta orang Indian AS hidup di reservat yang mereka kelola sendiri. Reservat Navajo, misalnya, meliputi daerah seluas 6 juta ha di Arizona, New Mexico, dan Utah. Baru-baru ini beberapa Suku Indian pesisir barat laut Pasifik berhasil memprotes, dan memperoleh tanahnya kembali.
Wilayah Suku Indian
Sebelum orang Eropa tiba, suku Indian menduduki sebagian besar wilayah yang sekarang menjadi AS. Suku Indian dikelompokkan menjadi 6 wilayah geografis. Pemukiman Eropa secara bertahap mendesak Suku-suku Indian ke barat dan barat daya. Akhirnya pada 1890 mereka menetap di beberapa reservat yang tersebar.








4 Responses

  1. Yang saya tahu, teori DUNIA BULAT itu dikemukakan pertama kali oleh Copernicus, cendekiawan dari Yunani Kuno pada abad ke 2. Columbus adalah orang yang membuktikan teori itu.


  2. christofur coloumbus itu hanya ingin membuktikan bahwa teori yang dikatakan Copernicus itu benar, lalu ia ber anggapan bahwa ohhh ternyata bumi itu walaupun di lakukakan dari arah barat mau pun timur nanti'' nya bakalan ketemu di satu titik itu lah. itu lah sebabnya christofur coloumbus ingin membuktikannya.


  3. Baru tahu saya kalo sebutan "Suku Indian" karena kesalahan mengira wilayah. Nice info


    Kualitas blog ini ?

    Followers