Faktor Umum Pendorong Munculnya Gerakan Nasionalisme Asia Tenggara !!!









                                                        




1.      Adanya kenangan akan kejayaan masa lampau
Bangsa-bangsa Asia dan Afrika sudah pernahmengalami masa kejayaan sebelum masuk dan berkembangnya imperialisme dankolonialisme barat. Bangsa India, Indonesia, Mesir, dan Persia pernah mengalamimasa kejayaan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Kejayaan masa lampaumendorong semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan.

2.      Imperialisme
merupakan istilah umum bagi merujuk kepada penjajahan dan penguasaan terhadap negara-negara kecil oleh kuasa-kuasa asing bagi kepentingan ekonomi dan politik.Sehingga penjajahan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa terhadap bangsa Asia, Afrika mengakibatkan mereka hidup miskin dan menderita sehingga mereka bertekat ingin menentang imperialisme barat.

3.      Pengaruh paham revolusi Prancis.
Revolusi Perancis merupakan sebuah masa peralihan politik dan sosial dalam sejarah Perancis. Pada saat itu, kaum demokrat dan para pendukung republikanisme bersatu menjatuhkan sistem pemerintahan monarki (kerajaan) abosolut, yang dianggap terlalu kaku dan memberikan keistimewaan berlebih pada keluarga kerajaan dan golongan bangsawan.

Revolusi perancis telah membawa pengaruh yang besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri yang meliputi bidang politik, ekonomi dan social. Jiwa, semangat dan nilai-nilai revolusi sudah tertanam secara luas dan mendalam di hati rakyat dengan semboyan Liberte, Egalite, Fraternite yang artinya Kebebasan, Persamaan, dan Persaudaraan.Semboyan ini menggambarkan semagat nasionalisme rakyat Perancis untuk bersatu.Paham ini juga timbul karena adanya perasaan senasip sepenanggungan sehingga bangsa lain berlomba-lomba untuk menerapkan paham Nasionalisme ini .
           
4.      Adanya kemenangan Jepang atas Rusia
Modernisasi Jepang telah membawa banyak perubahan terhadap perkembangan negeri dan bangsa Jepang di dunia internasional pada masa itu. Jepang maju dengan pesat dalam segala bidang. Bahkan kekuatan militer Jepang harus diperhitung-kan oleh bangsa-bangsa Barat, termasuk Amerika Serikat pada masa itu. Untuk membuktikan kekuatan militer Jepang, Korea menjadi sasaran pertamanya. Kemenangan yang diperolehnya dalam perang Jepang melawan Korea, menyebabkan pasukan Jepang melanjutkan ekspansinya ke Manchuria. Dalam penyerangan Jepang terhadap Manchuria itulah pasukan Jepang berhadapan dengan Rusia, dan ternyata berdampak sangat luas di wilayah Asia. Bangsa-bangsa di Asia mulai bangkit menentang penjajahan Barat. Hal ini membuktikan bahwa di berbagai daerah Asia muncul dan berkembang gerakan-gerkan yang bersifat nasional seperti di China, Filipina, India, Turki, Indonesia bahkan sampai ke daratan Afrika seperti Mesir dan sebagainya.
0 Responses

    Kualitas blog ini ?

    Followers