MAKALAH Islam Modern di Inggris , LENGKAP !!!


Kata Pengantar
                                


Assalamu’alaikum.wr.wb
Salam Sejahtera


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan limpahan berkat kasih dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Perkembangan Islam Modern di Inggris”
.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan tulisan ini akibat terbatasnya kemampuan penulis.Oleh karena itu,dalam kesempatan ini  penulis sangat mengharapkan adanya kritik ataupun saran guna penyempurnaan tugas-tugas selanjutnya. Dan dalam kesempatan ini tidak berlebihan bilamana kami menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam pembuatan makalah ini.



Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Wassalamu’alaikum.Wr.Wb















Daftar Isi



Bab I

1.1.         Latar Belakang..................................................................... 3
1.2.         Rumusan Masalah................................................................ 3
1.3.         Tujuan Masalah.................................................................... 4
                                                                                     

Bab II

Pembahasan Materi

2.1.    Gambaran Islam Modern....................................................  5
2.2.    Proses Islam Modern di Inggris...........................................  6
2.3.    Islam di Inggris dalam Kehidupan Sos-bud.......................  8
2.4.    Tantangan Umat Islam di Inggris.......................................  9

Bab III
3.1.    Kesimpulan........................................................................... 11                                  


Daftar Pustaka................................................................................ 12








BAB I
PENDAHULUAN

I.I.               Latar Belakang
Setelah wahyu llahi sampai pada manusia melalui Nabi Muhammad saw, dunia Islam menjadi salah satu wilayah terkemuka dan paling berpengaruh di muka bumi, Hal ini tidak lepas karena   Islam sebagai agama "rahmatan lil ‘alamin".

Islam membawa seruan kepada  umat manusia untuk kembali ber-Tuhan dalam kerangka tauhid, mengajarkan ajaran kemanusiaan, perdamaian, toleransi, dan inklusivitas dalam pergaulan sosial secara luas. OIeh karena itu, Islam di samping dapat hidup berdampingan dan bekerja sama dengan penganut agama maupun bangsa lain dalam berbagai bidang untuk menciptakan kemaslahatan hidup bersama.
Dengan demikian,dalam beberapa abad Islam menyebar ke seluruh wilayah dan tingkat perkembangan yang signifikan, baik dikawasan Timur, Barat Asia, maupun Eropa.

Khusus perkembangan Islam di Eropa,jika ditelusuri dari sudut pandang sejarah Islam di Eropa dibagi atas empat periode utama, yaitu:
1.      Periode kekhalifahan Islam spanyol dan pemerintahan kaum muslim di beberapa pulau Mediterania,wilayah kecil di Perancis Selatan, Sicilia, dan Italia Selatan. Periode ini berakhir dengan dikalahkannya tentara Islam oleh bangsa Norman di Sicilia dan ltalia Selatan abad ke-ll.
2.      Berkaitan dengan penyebaran tentara Mongol pada abad ke- 13. Setelah pertemuan mereka dengan kaum muslim berlangsung beberapa generasi, sejumlah penguasa Mongol masuk Islarn. Salah satu dinasti muslim pada waktu itu adalah Dinasti Khan, yang berpusat di sungai Volga.
3.      Periode ekspansi kekhalifahan Turki Utsmani ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah abad ke-14,15.Peninggalan terbesarnya yaitu orang Turki yang hingga kini ada di Bulgaria, bekas Yugoslavia, Rumania dan Yunani.
4.      Periode kedatangan kaum muslim di Eropa Barat.Pada umumnya dinisbatkan kepada imigrasi kaum muslim dalam jumlah yang besar terutama ke Perancis, Jerman, dan Inggris pasca Perang Dunia II.
Kajian tentang dinamika perkembangan Islam di Inggris, sangat penting dilakukan, mengingat perkembangan Islam di wilayah ini mengalami perkembangan yang signifikan.

1.2.    Rumusan Masalah
Pokok masalah dalam pembahasan makalah ini adalah :
1.      Bagaimana gambaran islam pada masa modern ?
2.      Bagaimana sejarah awal masuk dan berkembangnya Islam di Inggris ?
3.      Bagaimana dinamika perkembangan Islam di Inggris dalam setting sosial budaya?
4.      Apa tantangan dan peluang yang dihadapi umat Islam dalam mendakwahkan Islam di Inggris ?
1.3.    Tujuan Masalah
1.      Mengetahui gambaran islam pada masa modern ?
2.      Mengetahui sejarah awal masuk dan berkembangnya Islam di Inggris ?
3.      Mengetahui perkembangan Islam di Inggris dalam kehidupan sosial budaya?
4.      Mengetahui tantangan umat Islam dalam mendakwahkan Islam di Inggris ?






                                                BAB II
PEMBAHASAN

ISLAM MODERN

2.1.    Islam pada Masa Modern

Peranan sejarah islam dalam mewarnai sejarah dunia cukup diperhitungkan para ahli sejarah islam,walaupun akhir-akhir ini islam dipandang jauh tertinggal dibandingkan dunia barat,tetapi barat juga harus mengakui bahwa embrio ilmu pengetahuan yang berkembang di barat tidak terlepas dari peran islam.
1.       Periode modern : Masa Kemerdekaan Negara Islam
Abad 18 dan 19 ,era modern diwarnai oleh kemerdekaan negara-negara islam. Dalam tahun-tahun terakhir ini banyak Negara muslim yang telah merdeka khususnya di Asia dan Afrika, bersamaan dengan itu muncul pula organisasi-organisasi dan partai-partai nasional yang mendasarkan bentuk-bentuk pemerintahan pada prinsip-prinsip syari'at Islam. 

2.      Periode modern :  Masa Pembaruan Islam
Periode ini merupakan kebangkitan Zaman Kebangkitan Islam. Ekspedisi Napoleon di Mesir yang berakhir di tahun 1801, membuka mata dunia Islam, terutama Turki dan Mesir, akan kemunduran dan kelemahan umat Islam di samping kemajuan dan kekuatan Barat. Raja dan pemuka-pemuka Islam mulai berfikir dan mencari jalan untuk mengembalikan balance of power, yang telah pincang dan membahayakan Islam. Kontak Islam dengan Barat sekarang berlainan sekali dengan kontak Islam dengan Barat di periode klasik. Pada waktu itu Islam sedang menaik dan Barat sedang dalam kegelapan. Sekarang, sebaliknya sedang dalam kegelapan dan Barat sedang menaik. Kini Islam yang ingin belajar dari Barat. 

Oleh karena itu, timbullah pemikiran dan aliran pembaharuan atau modernisasi dalam umat Islam. Pemuka-pemuka Islam mengeluarkan pemikiran-pemikiran umat Islam yang membuat Islam maju. Usaha-usaha ke arah itupun mulai dijalankan dalam kalangan umat Islam. Tetapi dalam pada itu, Barat juga bertambah maju. 

Pemikiran Islam Modern 

Berawal dari kegelisahan umat Islam pada saat itu, yaitu banyaknya muncul penyelewengan-penyelewengan ajaran Islam, baik di kalangan masyarakat biasa, maupun dalam tingkatan politik dan pendidikan. Maka diperlukan adanya proses modernisasi maupun pembaharuan baik di bidang politik, pendidikan dan akidah. 

Selain itu, salah satu sebab perlunya perkembangan modern dalam Islam adalah karena dalam agama terdapat ajaran-ajaran absolute mutlak benar, kekal tidak berubah dan tidak bisa diubah.

Pembaharuan dalam hal apapun, termasuk dalam konteks keagamaan (pemahaman terhadap ajaran agama) akan terus dan selalu terjadi sebab cara dan pola berpikir manusia serta kondisi social masyarakat selalu berubah seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan di segala bidang yang akhirnya membuahkan tekhnologi yang semakin canggih.

Upaya pembaharuan dalam Islam mempunyai alur yang panjang khususnya sejak bersentuhan dengan dunia Barat, untuk memahami makna dan hakekat pembaharuan.

2.2.         Proses awal masuk dan berkembangnya Islam di Inggris

Sejarah pertumbuhan komunitas muslim di Inggris hampir serupa apa yang dialami di Prancis, yaitu melalui proses imigrasi. Imigrasi muslim ke Inggris mulai berlangsung pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 melalui pendaratan para pelaut yang direkrut oleh East India Cornpany (Perusahaan India Timur) dari Yaman, Gujarrat, Sind. Assam. tlen Bengal.

Setelah dibukanya terusan Suez pada tahun 1869 dan sejalan dengan meluasnya ekspansi kolonial Inggris, para pendatang muslim itu semakin lama semakin banyak dan rnulai membentuk pemukiman baru di kota-kota pelabuhan seperti Cardiff Shout Shields (Dekat Newcastle), London, dan Liverpool. Komunitas muslim di negara itu memiliki akar budaya yang berbeda satu sama lain.

Imigran pertama ke Inggris adalah orang Yaman dari Aden. Mereka rnenghimpun diri dan membangun salah satu masjid pertama di negeri itu tahun 1870. Sebelum pergantian abad datang kelompok muslim lain dari India dan menetap di London, mereka membangun masjid Shah Jehan di Woking.

Sekitar abad ke-19, sejumlah pengusaha muslim juga telah berniaga ke kerajaan Inggris.Akhir abad ke-19 mulai masuk juga ke Inggris. Di samping itu,tahun 1930-an, gagasan rencana pembangunan masjid pusat di London juga muncul sebagai respons atas pembangunan masjid di Paris pada tahun 1926.Namun, pembangunan masjid baru terlaksana tahun 1977 yaitu Masjid Pusat London dengan Islamic Cultural Center (Pusat Kebudayaan Islam)-nya.

Pertambahan jumlah masjid dalam perkembangan-perkembangan selanjutnya di Inggris sesungguhnya mencerminkan peningkatan jumlah komunitas muslim di Inggris.

Inggris juga memiliki berbagai macam organisasi keagamaan. Tak jarang di antaranya berskala lokal maupun nasional dengan lingkup kegiatan yang beragam. Mulai dari kegiatan ibadah, dakwah, pendidikan, sosial, hingga politik. Di antara yang paling terkenal adalah organisasi berjaringan luas seperti Jamaah Islami dengan anak organisasinya seperti United Kingdom Islamic Mission (Misi Islam Inggris Raya) dengan Islamic Foundation (Yayasan Islam)-nya yang terutama bergerak di bidang dakwah, pelatihan, penelitian, dan penerbitan.

Di sampig itu, ada pula The Islamic Council of Europe (Dewan Islam Eropa) didirikan pada tahun 1973, yang mensponsori konferensi tentang masa depan tata ekonomi Islam dan status minoritas muslim.

Ketika organisasi Islam di atas mulai merasakan perlunya semacam koordinasi berskala nasional yang lebih intens lagi, maka muncul organisasi muslim yang paling awal bertindak sebagai organisasi payung berskala nasional yaitu; Union of Muslim Organisations of the UK and Eire (Persatuan Organisasi Muslim Inggris dan Irlandia [UMO]) yang didirikan pada tahun 1970.

2.3.          Perkembangan Islam di Inggris dalam setting sosial Budaya

Sejak akhir bad ke-19 dan awal abad ke-20, kaum muslim mulai menetap dan membangun komunitas di negara-negara Eropa. Penyebab ketertarikan ini adalah perkembangan yang terus-menerus mengenai angka populasi Muslim di Eropa dan peningkatan ini tidak dapat dianggap hanya disebabkan oleh imigrasi.

Meskipun imigrasi dipastikan memberi pengaruh nyata pada pertumbuhan populasi umat Islam, namun banyak peneliti mengungkapkan dikarenakan sebab lain; angka perpindahan agama yang tinggi. Hasil studi yang dirilis awal Oktober 2009 menemukan bahwa Eropa memiliki sedikitnya 38 juta Muslim.Menurut studi, Inggris sekitar dua juta orang.

Di Inggris agama Islam berkembang dengan pesat. Hal ini didukung dengan kepeloporannya dalam pemindahan Universitas Islam Toledo di Spanyol ke Inggris. Sejak itu Inggris mernpunyai Universitas Cambridge dan Oxford.

Yahya Birt (was Jonathan Birt), mantan bos BBC, mengungkapkan hasil penelitinnya bahwa, di Inggris saat ini terdapat 14.200 mualaf berkulit putih, datang dari kalangan bangsawan, pejabat sampai celeberitis. Mereka berbondong-bondong bersyahadat karena merasa gersangnya nilai-nilai kehidupan di Barat.Menariknya jumlah perempuan yang memeluk Islam jumlahnya empat kali lipat dari jumlah mualaf pria. Penyebabnya, karena mereka menilai Islam sangat memuliakan kaum wanita. Birt sendiri seorang doctor lulusan Universitas Oxford yang kemudian menjadi muslim dan aktif berdakwah di lnggris.

Hal ini didukung oleh kebijakan pemerintah Inggris yang secara tegas membebaskan seluruh warganya untuk memeluk dan menjalankan ajaran agamanya. Negara tidak mengeluarkan agama resmi yang diakui oleh negara.Di samping itu, ini didukung pula oleh sikap masyarakat Inggris yang sangat tak acuh pada keberadaan agama selama mereka tidak merasa terganggu. Dari sinilah akhirnya perkembangan Islam begitu cepat.

Jumlah umat Islam di Inggris nomor dua setelah agama Nasrani. Umat Islam di Inggris sekarang mencapai 3,3 % dari seluruh penduduk Inggris.Hal ini menunjukkan bahwa agama Islarn termasuk agama yang paling pesat perkembangannya dibanding dengan agama-agama lainnya.

Islam melalui gerakan dakwah dan kampanye budaya yang menarik bagi rakyat Inggris tentang Islam, sehingga banyak penduduk pribumi Ingggris yang tertarik mameluk Islam, di antaranya yaitu:

1. The Islamic council of Europe (Majlis Islam Eropa) berfungsi sebagai pengawas kebudayaan Eropa.
2. The Union of Moslem Organization ( Persatuan Organisasi Islam Inggris)
3. The Asociation of British Moslems (Perhimpunan Muslirn Inggris)
4. Islamic Fondation dan Moslem Institute. Keduanya bergerak di bidang penelitian,

Perkembangan Islam di cukup mendapat apresiasi dalam kehidupan sosial budaya di Inggris yang sekuler dan mayoritas non muslim tidak terlepas oleh karakteristik ajaran Islam yang sangat toleran, inklusif, dan sangat menghargai hak-hak kemanusiaan.

2.4.         Tantangan dan Peluang dalam Mengembagkan Islam di Inggris

Sebagaimana dikemukakan, bahwa pertumbuhan muslim di Inggris terus berlangsung menyebabkan perkembangan Islam yang meningkat cukup drastis itu koran dan majalah Inggris mulai menggerakkan isu menentang kaum muslimin. Majalah Time out terbitan London dalam nomor terbarunya mencetak covernya dengan bahasa Arab dengan nada tanya Apakah masa depan London di tangan lslam? Isinya sendiri menunjukkan ketidaksetujuannya dengan pertambahan jumlah penduduk muslim di negara ini.

Gordon Thomson Pimred majalah ini berusaha memberikan alasan mengapa ia memilih tema ini. Menurutnya lslam salah satu agama terbesar di dunia. Dan di antara kelompok minoritas di ibu kota Inggris, kaum muslimin punya tingkat pertambahan penduduk paling tinggi. Oleh karena itu, perlu menggerakkan kalangan non muslim untuk menghadapi kaum muslimin.

saat ini lebih dari 1 juta setengah penduduk London adalah muslim dan sebagai ras dan dari negara-negara yang beragam. Ia mengingatkan bahwa peningkatan pertambahan penduduk ini membahayakan Inggris. Ia menambahkan, Kota London pada masa yang akan datang akan menjadi kota Islam. Ia meminta kepada non muslim agar melakukan aktivitas yang dapat menghambat lajunya pertambahan penduduk muslim ini.

Majalah ini dalam sebuah makalahnya yang mencoba menyentuh isu SARA dibuat judul seperti ini, "Mengapa London perlu Islam?" Dalam makalah ini diramalkan pada tahun 2021 akan terjadi revolusi Islam dan digambarkan suasana waktu itu. Gambaran London yang Islam pada tahun 2021 dibuat dalam pemberitaannya merupakan tantangan baru yang dihadapi umat Islam di Inggris. Dari sini juga memberikan gambaran bahwa komunitas non muslim Inggris banyak yang mengkhawatirkan kebangkitan Islam (phobi Islam) di Inggris.

Tantangan yang sifatnya dari dalam Islam, yang kadang menghambat sehatnya gerakan dakwah Islam di Inggris adalah kaum imigran muslim masih sangat menonjolkan perbedaan kebiasaan dan sikap hidup yang terbawa dari negeri asalnya. Di samping itu juga, belum menyatunya potensi umat Islam dari trend pengkotak-kotakan dalam aliran dan paham keagmaan yang ada di Inggris. Namun, dibalik tantangan tersebut di atas, peluang ber-Islam dan mengembagkan Islam di Inggris pada perinsipnya terjaga. Paling tidak, jika dianalisis lebih jauh ada lima hak fundamental yang dijamin, yaitu, hak untuk menjalankan ajaran islam, hak untuk belajar, hak untuk mendirikan organisasi, hak untuk menyusu perwakilan independen, dan hak untuk naik banding hukum.



BAB III
PENUTUP

Sebagai penutup dari makalah ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu:
Islam masuk di Inggris berawal pada akhir abad ke-l8 dan akhir abad ke-19, melalui pendaratan yang direkrut oleh East India Company, serta metalui proses imigrasi dari para pelaut dan pedagang dari Yaman, Indi4 Pakistan, dan Bangladesh. Dari kaum emigram muslim inilah membentuk komunitas muslim di beberapa titik dikota pelabuhan Inggris sampai meluas pada pusat kota London.

Perkembangan Islam di Inggris sejak awal sampai saat ini mengalami kernajuan pesat. Jumlah umat Islam di Inggris saat ini diperkirakan dua juta jiwa atau berkisar 3,3 % dari seluruh penduduk Inggris.
Perkembangan Islam sangat cepat dan mendapat apresiasi dari penduduk pribumi dan bahkan pemerintah, dan mereka tertaik memeluk Isiam, tidak terlepas dari karakteristik Islam yang rahmatan li al-alamin, toleran, inklusif, menghargai hak-hak asasi manusia, dan sebagainya. Di samping itu, diidorong keingintahuan orang-orang non muslim untuk mempelajari Islam, sehingga mereka kemudian masuk Islam.
Islam berkebang secara pesat di Inggris, tidak terlepas dari kebijakan pemerintah Inggris yang memberikan peluang dan ruang kepada masyarakat Islam untuk menjalankan ajaran agama. Namun, pasca tragedi WTC 11 September, kebijakan politik pemerintah Inggris kurang menguntungkan Islam yang cenderung didiskreditkan, diperlakukan secara diskriminatif; cemohan, serta dimarginalkan secara sistemik.

Pesatnya perkembangan Islam di Inggris dewasa ini, tidak terlepas tantangan yang muncul yaitu munculnya tokoh-tokoh pribumi Inggris yang fhobi terhadap Islam dan mengkhawatirkan secara berlebihan perkembangan lslam di inggris, sehingga mereka membangun wacana untuk membenci lslam, dan bahkah menghalang-halangi perkembangan Islam itu sendiri, baik melalui pendekatan kultural, sistematik, maupun kebijakan politik global.



DAFTAR PUSTAKA

Tohir, Ajid, Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam. Cet. I; Jakarta: Rajawali Press, 2004.
http://wisnusudib-io.wordpress.com/2009/10/17/islam-di-ingeris-tumbuh-pesat-ditengah-sejumlah-gan
1 Response

    Kualitas blog ini ?

    Followers